Kamis, 17 Desember 2009

Ki Entus DALANG MBELING

Ki Enthus obati rindu warga Blora

 

BLORA, SR- Lama tidak tampil di Blora, dalang vokal Ki Entus Susmono, kemarin, menghibur ribuan warga kota sate dalam penampilannya di alun-alun kota setempat. Dalang asli Tegal itu tampil atas undangan Mobil Cepu Ltd (MCL), anak perusahaan Exxonmobil Oil yang berkantor di Cepu.

 

Sejumlah pejabat di operator Blok Cepu (MCL) hadir di arena hiburan wayang kulit antara lain Peter Hiskins, Operations Superintendent MCL, serta Manajer Deve- lopment Arti Sudarsono. Pentas ini dalam rangka memperingati Hari Jadi Blora ke-260.

 

Dalang nyeleneh itu menammpilkan lakon Semar Mbangun Catur W (wareg, waras, wasis dan wilujeng). Namun, bukan Entus namanya kalau tidak bisa memainkan lakon yang dia buat sendiri.

 

Bahkan sejak pentas pukul 21.00 sampai pukul 04.00, ribuan warga Blora betah duduk di Alun-alun Blora karena tertarik dengan kepiawaian Enthus dalam mencampuraduk cerita dan ocehan- ocehan banyol nakalnya.

 

Sempat diterpa hujan lebat tak menghalangi penampilan kontroversinya. Sindiran dan kritik yang dirindukan warga Blora dia lontarkan vulgar, bahkan kekonyolannya menambah para penonton betah, termasuk deretan pejabat Blora seperti Bupati RM Yudhi Sancoyo, Ketua DPRD H Maulana Kusnanto, Sekda H Bambang Sulistya, serta seumlah pejabat pemkab lainnya.

 

Di awal acara, dengan didampingi para pejabat MCL dan pejabat pemkab, bupati menyerahkan tokoh Semar kepada Enthus. Penyerahan tokoh wayang yang menjadi pemeran utama dan pegelaran itu sebagai tanda dimulai pertunjukkan. (Roes)

Tidak ada komentar: