Halaman

Rabu, 07 April 2010

Hak ANGKET Blora

Paripurna Hak Angket Ditunda
BLORA - Paripurna hak angket kasus penunjukan konsultan pengawas proyek pengawasan di Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Blora ditunda.

Paripurna yang semula dijadwalkan 8 April ditunda sampai 12 April. Kabar yang beredar, penundaan itu disebabkan oleh Fraksi PDIP yang sedang di Bali untuk mengikuti kongres PDIP. ''Penundaan itu sudah ditetapkan Banmus. Paripurna 12 April besok,'' kata Wakil Ketua DPRD Blora, Abdullah Aminudin, kemarin.

Dia mengatakan, paripurna itu untuk menyampaikan usulan hak angket. Apakah nanti anggota DPRD setuju hak angket itu diteruskan menjadi panitia khusus (pansus) hak angket atau tidak. Semua akan diputuskan dalam paripurna tersebut. Nanti, pengusul hak angket diminta untuk menjelaskan serta alasan-alasan, kenapa harus dilakukan hak angket. ''Mekanismenya memang seperti itu,'' tandasnya.

Seno Margo Utomo, anggota DPRD Blora yang menjadi salah satu inisiator hak angket membenarkan kalau paripurna hak angket ditunda pelaksanaannya. Meski ditunda, dia berharap paripurna tetap digelar.

Sebab, hak angket merupakan hak anggota dewan untuk meminta penyelidikan terhadap suatu persoalan yang dinilai menyalahi aturan. Dia mengatakan, yang dituntut dalam pengajuan hak angket ini lebih pada perbaikan mekanisme dan pelurusan kebijakan yang salah.

Menurut dia, kalau hal itu terus dibiarkan, maka akan menjadi kebiasaan. Seno yakin selama ini praktik yang tidak benar seperti itu terus dilakukan. Karena kebijakan yang dilakukan salah, harus ada tanggungjawab yang juga harus dilakukan. ''Nah, kami melihat dalam kasus ini sengaja akan dikaburkan. Dan opini yang dibangun seolah-olah tidak ada yang luar biasa dalam kasus itu,'' katanya.

Padahal, menurut dia, ada banyak hal yang harus dijelaskan oleh DPU mengenai kebijakan yang tidak umum. Sebab, pengawasan mestinya dilakukan oleh lembaga profesional. Bukan orang per orang yang di antaranya malah tidak berkompeten. Atau pengawasan dibagikan ke pihak-pihak yang dikehendaki DPU. "Kita lihat saja nanti, komitmen teman-teman yang lain seperti apa. Yang jelas kami jalan terus,'' ujarnya.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

bagaimana hasilnya..???
jangan sampai cuma pemanis belaka
pertunjukan orang gede untuk kawulo alit yang menderita